Senin, 09 November 2009

Ketika era Gutenberg ditantang era Amazon.com

AsiaImage via Wikipedia







Di belahan dunia maju, perdebatan mana yang akan bertahan lebih lama -bentuk buku fisik atau non fisik- masih terus berlanjut, ketika amazon merilis Kindle, banyak yang beranggapan bahwa era buku fisik akan segera mati, namun ternyata banyak juga pihak, baik itu publisher dan juga penulis sendiri yang berpendapat bahwa buku fisik masih sulit untuk digantikan.

Buku dalam bentuk fisik masih punya senjata ampuh yang sulit untuk digantikan oleh bentuk non fisik, seperti persinggugan antara manusia denga kertas, bau kertas, berbagai hal yang berhubungan dengan perasaan terhadap bentuk fisik, dan kebanggaan meminjamkan buku -apalagi yang sudah kuno- pada kolega atau orang lain.

Bentuk non fisik memang punya juga senjata yang bisa membuat bentuk fisik jatuh terkulai, seperti kecepatan penyebaran, real time, murah serta hambatan hirarki yang bisa ditembus dengan mudah oleh bentuk non fisik (baik itu mobile maupun e-paper), namun segala kemudahan dan kemurahan saja tidak cukup, isu seperti pohoh yang ditebang untuk produksi kertas pun bisa disiasati dengan memproduksi kertas ramah lingkungan -yang kini marak di mana-mana- seperti contohnya beberapa buku dewi lestari yang menggunakan kertas ramah lingkungan, lalu kini gramedia group yang menggunakan kertas ramah lingkungan (yang kabarnya impor) untuk berbagai lini penerbitan mereka.

berhubung buku akan selalu identik dengan manusia sebagai konsumennya, sepertinya bentuk non fisik masih mendapat tempat lebih di hati konsumen, karena hubungan personal dan fisiknya yang masih dominan dari pada bentuk non fisik.

Dunia kini begitu cepat berubah, apa yang akan terjadi di masa depan adalah semacam ketegangan yang patut dinantikan, kita lihat saja mana yang akan diminati pembaca, buku konvensional atau buku non konvensional.

Reblog this post [with Zemanta]

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Creative Commons License
wikupedia on media by wiku baskoro is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at wikupediaonmedia.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://wikupediaonmedia.blogspot.com.